SUKSES UJIAN MADRASAH BERBASIS KOMPUTER MTs UMAR MAS'UD


     Pelaksanaan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UM-BK) di MTs Umar Mas'ud berakhir pada Hari Sabtu 26 Maret 2022. UM-BK ini berlangsung mulai Hari Senin 21 Maret 2022. UM-BK ini ada dua jenis, yaitu Ujian Tulis dan Ujian Praktik, mata pelajaran untuk ujian Tulis dan Praktik. Mata pelajaran Ujian Tulis antara Lain, Fiqih, Al-Qur'an Hadist, SKI, Akida Akhlaq, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris, Matematika, IPA, IPS, PKn, Seni Budaya, Bahasa Daerah, Muatan Lokal (Aswaja) Adapun mata pelajran yang dilaksanakan dengan Praktik adalah Prakarya, PJOK, untuk mata pelajaran Praktik Wajib di MTs Umar Mas'ud adalah Keterampilan ibadah dan Pentas kreasi Peserta didik. Praktik Keterampilan Ibadah itu juga di bagi dua yang pertama BTQ (Baca Tulis Al-Qur'an) dan yang kedua Praktik beribadah (wudhu, Sholat), sedangkan Pentas Kreasi disini bertujuan untuk mengasah keterampilan peserta didik dalam berbahasa arab, bahasa inggris, bahasa indonesia dan Bahasa Bawean, selain itu untuk memunculkan budaya Bawean yang semakin hilang.
    Pelaksanaan UM-BK ini dilaksanakan oleh peserta didik kelas 9 dengan jumlah peserta Ujian sebanyak 31 orang, Setiap hari selalu di awali dengan pembacaan asmaul Husna, dan doa sebelum belajar, Selama satu minggu pelaksanaan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, baik itu signal maupun gangguan pemadama listrik. Peserta didik melaksanakan dengan lancar dan hasil ujian mereka sangat luar biasa, nilai ini akan diolah lagi dengan nilai raport untuk dijadikan sebagai nilai ijazah. 
    Pelaksanaan Ujian Praktik akan dimulai tanggal 27 Maret 2022 dengan jadwal Praktek PJOK, hari berikutknya Keterampilan Ibadah, Hari yang ke tiga Pentas Kreasi  dan hari terakhir adalah Prakarya dan Kewirausahaan. Semua penilaian dilakukan oleh guru masing masing, ada beberapa mata pelajaran praktik gabungan dari beberapa mata pelajaran, ini sebagai bentuk penilaian project peserta didik.
    Perkembangan Kurikulum menuntut Guru untuk lebih kreatif dalam menilai peserta didik, dengan kelebihan yang dipunyai oleh peserta didik yang berbeda beda, MTs Umar Mas'ud memberikan Penghargaan sesuai dengan keunggulan mereka di bidang masing masing, Agama, Kognitif, Seni dan Olahraga, sebagai bentuk pnghargaan atas kemampuannya salama belajar di MTs Umar Mas'ud.
    Harapan kami, setelah lulus dari MTs Umar Mas'ud, mereka masih konsisten melaksanakan pembiasaan - pembiasaan yang selalu dilaksanakan setiap hari di MTs Umar Mas'ud. Dan mampu mengamalkan semua yang pernah di dapat di MTs Umar Mas'ud. Memamnfaatkan ilmunya di masysrakat adalah hal yang paling penting. Selamat Berjuang di jenjang yang lebih tinggi untuk meraih cita cita. 

  

1 Komentar

  1. Selamat melaksanakan UMBK. Semoga Mts Umma semakin jaya dan maju!

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama